Cara Mengembalikan Warna Pakaian Hitam Yang Pudar Dengan Mudah

Cara mengembalikan warna baju dan celana hitam yang pudar- sering kita mengeluh karena karna pakaian warna hitam yang kita miliki cepat sekali memudar karna kesalah kita saat mencuci atau menjemurnya. Jika itu terjadi pada pakaian kesayangan anda maka anda perlu tau cara mencuci pakaian hitam agar tidak luntur cara mengembalikan warna yang pudar pada pakaian. Buat anda yang belum tau bisa ikuti langkah -langkah yang ada di bawah ini. Cara sederhana untuk mengembalikan warna baju/celana hitam yang pudar/luntur adalah dengan cara mewantek. Selain harga murah, cara penggunaan wantek pun sangat mudah.

Berikut adalah tips menghitamkan baju hitam yang pudar dengan wantek yang bisa anda terapkan di pakaian anda yang sudah kehilangan warnanya. Daripada beli baju mending pakek wantek saja lebih murah lagi :p
Cara mengembalikan warna pakaian hitam yang pudar dengan wantex

1. Cuci baju terlebih dahulu. Sebelum mengaplikasikan wantek, pastikan baju bersih dan bebas noda. Jika ada noda menempel, warna wantek tidak akan merata. Jadi, tangani noda secara benar terlebih dahulu sesuai jenisnya, misalnya noda minyak, noda tinta, dan sebagainya.

2. Siapkan air dan wantek. Dalam panci besar, didihkan 3 liter air. Gunakan sarung tangan karet agar warna wantek tidak tertinggal di tangan. Saat air mendidih, tuangkan sebungkus wantek berwarna semirip mungkin dengan warna asli aduk-aduk hingga wantek larut seluruhnya. Cuci bersih panci segera setelah dipakai agar warna wantek tidak membekas di panci secara permanen. Atau, gunakan panci yang tidak digunakan untuk memasak lagi.

3. Masukkan pakaian dan aduk. Aduk-aduk dan bolak-balik pakaian selama 15-20 menit dengan sendok kayu. Biarkan panci tetap di atas kompor dengan api sedang. Jika perlu, anda bisa menambahkan air ke dalam panci. Kemudian, matikan kompor, dan biarkan hingga air dingin. Jangan lupa untuk terus membolak-balik pakaian agar warnanya merata.

4. Bilas pakaian dan jemur. Setelah air dingin, bilas pakaian dengan air bersih. Anda mungkin harus membilasnya 5-6 kali. Kemudian, jemur pakaian di ruangan yang berventilasi baik atau di tempat teduh. Jangan jemur di bawah terik matahari agar warna wantek tetap melekat di baju.

Baju-baju jenis tertentu membutuhkan perhatian khusus saat mengaplikasikan wantek.

5. Cara wantek celana jeans. Karena struktur kain denim yang lebih tebal daripada kain biasa, gandakan jumlah wantek dan air yang digunakan agar hasilnya maksimal. Celana jeans hitam termasuk yang paling sering pudar. Untuk mengetahui cara mencuci celana jeans hitam yang benar, ikuti anjuran mencuci di bagian akhir artikel ini agar warnanya tidak cepat pudar.

6. Cara wantek sweter, baju brokat, dan bahan-bahan sensitif lainnya. Baca terlebih dahulu label perawatan pakaian untuk memastikan baju bisa dimasukkan ke dalam air mendidih. Berhati-hatilah saat proses membolak-balik, gunakan sendok kayu berkepala lebar agar tidak menyebabkan koyak pada bahan sensitif pakaian.

Tips mencuci pakaian agar tidak luntur warnanya

Sebenarnya, agar warna baju tidak cepat memudar, ada langkah-langkah mencuci yang bisa anda terapkan. Cara ini juga bisa anda terapkan pada baju yang sudah dirawat dengan wantek.

7. Cuci berdasarkan warnanya. Selain untuk menghindari warna kain yang berubah, memilah-milah baju berdasarkan warna yang mirip juga bisa mempertahankan warnanya.

8. Balik pakaian luar-dalam sebelum dijemur. Memang trik ini memakan waktu ekstra selama proses mencuci, tapi termasuk yang paling efektif dalam mencegah warna kain

9. Gunakan detergen pencerah warna. Detergen tertentu diformulasikan khusus untuk menjaga agar warna baju tetap cemerlang, contohnya rinso colour &

10. Cuci dengan air dingin. Jika mungkin, cuci pakaian berwarna dengan air dingin yang membantu menjaga warna tetap melekat di baju. Selain itu, praktik mencuci ini juga ramah lingkungan.

11. Keringkan cucian secara benar. Pilih menjemur pakaian daripada memakai mesin pengering cucian agar warnanya cemerlang lebih lama. Tempat yang agak teduh paling tepat untuk menjemur pakaian berwarna gelap.

Kini baju yang warnanya mulai memudar tidak perlu langsung anda jadikan lap, apalagi dibuang. Coba trik wantek di atas, dan aplikasikan langkah-langkah mencuci yang benar pada baju-baju berwarna.
  • Baca instruksi lengkap penggunaan wantek di kemasannya sebelum mulai
  • Pilih warna wantek yang paling mirip dengan warna asli baju
  • Gunakan wantek hanya pada baju polos

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna ikuti langkah di ataa dengan benar.Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel